Bisnis Plan Kue Cubit
BUSSINESS PLAN
KUE CUBIT
Nama Usaha :
D’CUBITIN
Alamat : Jl. KH Noer Ali,
Kalimalang Bekasi (samping Universitas Gunadarma)
No. Tlp : 081283868085
Motto : Dijalanin aja,
Insyaallah berkah.
Sosial media :
D.Cubitin
Pengajuan
Proposal Oleh :
Efiyanah
Akhiroh (20218002)
Iis Nur
Ajizah (23218228)
Sifa
Rafdhania Fatikasari (26218713)
1EB16
FAKULTAS
EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS GUNADARMA
2018/2019
PENDAHULUAN
1.1 Sejarah Berdirinya Usaha
Saat
ini banyak jenis makanan yang tersedia. Dari yang murah sampai yang mahal.
Selera masyarakat saat ini pun berbeda, masyarakat lebih memilih makanan yang
cenderung unik dan berbeda tetapi tetap menomor satukan rasa. Masyarakat juga
senang dengan jajanan-jananan sekolah yang ada pada jaman dulu sehingga kita
seakan diajak bernostalgia pada saat zaman bersekolah dahulu. Banyak
jajananjajanan zaman dulu yang telah ditransformasikan menjadi jajanan yang
berbeda dan lebih menggugah selera. Seperti contohnya lidi-lidian, rambut nenek,
permen kapas, kue cubit, dan masih banyak lagi.
Dari
sini kami bisa melihat peluang bisnis yang terbuka. Kami bisa mengembangkan
bisnis jajanan zaman dahulu yaitu kue cubit. Kue cubit tentu sudah tidak asing
lagi di telinga masyarakat umum. Kue cubit merupakan jajanan zaman sd yang
banyak digemari masyarakat. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat
kue cubit memliki banyak peminat. Belum lagi bentuk-bentuk nya yang unik
membuat kue cubit semakin digemari. Selain itu kue cubit juga bisa di inovasikan
dengan campuran rasa-rasa adonan yang berbeda seperti green tea, red velvet,
bubble gum, taro, dan lain-lain. Dan juga varian topping yang banyak seperti
oreo, keju, milo, permen caca, dan meses.
Dengan
landasan tersebut, kami berniat untuk merintis usaha kue cubit, dan usaha
tersebut kami beri nama, yaitu “D’CUBITIN”. Dengan harapan masyarakat akan
tertarik untuk membeli kue cubit kami dan merasa ketagihan untuk membelinya
lagi, lagi, dan lagi.
1.2 Visi dan Misi Visi
Menjadikan atau mengingatkan masyarakat
luas tentang jajanan kuliner tradisional khas indonesia dengan mengadakan
pendekatan kepada msyarakat bahwa kue cubit adalah cemilan yang sehat, enak dan
mengenyangkan serta dapat diolah dengan berbagai rasa dan toping.
Misi
1.
Membangun usaha kue cubit yang banyak diminati
2.
Membuat banyak inovasi varian rasa yang berbeda
3.
Membuat kue cubit yang berkualitas
4.
Menjadikan kue cubit menjadi cemilan yang
berkelas
5.
Memperoleh keuntungan yang besar dari penjualan
kue cubit
ASPEK PEMASARAN
2.1 Gambaran Umum Pasar (STP)
Ø Segmen
Pasar
Konsumen yang menjadi
segmen usaha kami merupakan anak-anak, remaja, dan dewasa bisa laki-laki
ataupun perempuan yang dapat mengkonsumsi produk kami. Dan dapat dijangkau oleh
pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat sekitar kampus.
Ø Target
Pasar
Setelah
memetakan pasar, tahap tageting seperti namanya adalah membidik target market
yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja
serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik
pasar sasaran yang hendak kita
tuju.
Target pasar yang dituju oleh produk kue cubit
terbagi dalam dua segmen yaitu:
a.
Kalangan remaja dan dewasa dengan aktivitas yang
dinamis
b. Mahasiswa
yang cenderung ingin menikmati kue cubit bersama teman, sahabat ataupun kekasih
Ø Positioning
Kue
cubit biasanya di jual di depan sekolah atau di pinggir jalan oleh pedagang
kaki lima dan dipandang kue biasa oleh masyarakat. Namun disini kami membuat
kue cubit yang beda dari yang lain dan lebih ekslusif namun dari segi harga
dapat terjangkau. Kue cubit kami berbeda dari kue cubit yang lain. Kue cubit
kami memiliki berbagai macam rasa dan warna. Rasa kue cubit yang biasanya hanya
rasa original saja, disini kami membuat kue cubit dengan rasa Green Tea, Bubble
Gum, Taro, Red Velvet, dan Strawberry. Strategi pemasaran dapat melalui
broadcast, di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan
lain-lain.
2.2 Permintaan
Bulan
|
Perkiraan Permintaan
(Dalam Porsi)
|
Januari
|
500 porsi
|
Febuari
|
500 porsi
|
Maret
|
350 porsi
|
April
|
550 porsi
|
Mei
|
500 porsi
|
Juni
|
600 porsi
|
Juli
|
600 porsi
|
Agustus
|
400 porsi
|
September
|
500 porsi
|
Oktober
|
500 porsi
|
November
|
600 porsi
|
Desember
|
650 porsi
|
2.3 Pendapatan
Bulan
|
Perkiraan Pendapatan
(Dalam Bulan)
|
Januari
|
Rp 6.000.000
|
Febuari
|
Rp 6.000.000
|
Maret
|
Rp 4.200.000
|
April
|
Rp 6.600.000
|
Mei
|
Rp 6.000.000
|
Juni
|
Rp 7.200.000
|
Juli
|
Rp 7.200.000
|
Agustus
|
Rp 4.800.000
|
September
|
Rp 6.000.000
|
Oktober
|
Rp 6.000.000
|
November
|
Rp 7.200.000
|
Desember
|
Rp 7.800.000
|
2.4 Modal
Biaya Tetap
|
Etalase
|
Rp 12.000
|
|
Panci besar
|
Rp 87.000
|
Mixer
|
Rp 500.000
|
|
Cetakan
|
Rp 100.000
|
|
Kompor gas
|
Rp 240.000
|
|
Peralatan lain-lain
|
Rp 440.000
|
|
|
Rp 1.384.000
|
|
Biaya Variabel
|
Telur
|
Rp 93.000
|
|
Gula pasir
|
Rp 23.000
|
Tepung terigu
|
Rp 100.000
|
|
Margarine
|
Rp 60.000
|
|
Lain-lain
|
Rp 66.000
|
|
|
Rp 342.000
|
Modal awal : Rp 1.384.000 + Rp
342.000 = Rp 1.726.000
2.5 Keuntungan
Bulan
|
Keuntungan
|
Januari
|
Rp 6.000.000 – Rp 1.726.000 = Rp 4.274.000
|
Febuari
|
Rp 6.000.000 – Rp 342.000 =
Rp 5.658.000
|
Maret
|
Rp 4.200.000 – Rp 342.000 =
Rp 3.858.000
|
April
|
Rp 6.600.000 – Rp 342.000 =
Rp 6.258.000
|
Mei
|
Rp 6.000.000 – Rp 342.000 =
Rp 5.658.000
|
Juni
|
Rp 7.200.000 – Rp 342.000 =
Rp 6.858.000
|
Juli
|
Rp 7.200.000 – Rp 342.000 =
Rp 6.858.000
|
Agustus
|
Rp 4.800.000 – Rp 342.000 =
Rp 4.458.000
|
September
|
Rp 6.000.000 – Rp 342.000 =
Rp 5.658.000
|
Oktober
|
Rp 6.000.000 – Rp 342.000 =
Rp 5.658.000
|
November
|
Rp 7.200.000 – Rp 342.000 =
Rp 6.858.000
|
Desember
|
Rp 7.800.000 – Rp 342.000 =
Rp 7.458.000
|
2.6 Bauran Pemasaran
1.
Product
( produk )
a.
Variabel
Product
Produk yang akan kami
jual hanya ada satu variabel saja, yaitu hanya kue cubit dengan berbagai macam
rasa seperti, green tea, bubble gum, red velvet, taro, strawberry.
b. Kualitas
Kualitas yang kami
tawarkan berdasarkan bahan-bahan yang terjamin kebersihannya agar menciptakan
cita rasa yang enak.
c. Desain
Desain
yang kami buat untuk ke cubit kami adalah kue cubit yang berbentuk bunga.
d.
Fitur
Fitur produk
yang kami ciptakan yaitu kue cubit berbentuk bunga dengan diatasnya terdapat
berbagai topping.
e.
Nama
Merk
Nama merk yang kami pakai untuk usaha kue cubit ini adalah “D’CUBITIN”
f.Kemasan
Kemasan yang
kami pakai adalah mika berbahan plastik yang dilengkapi dengan kertas nasi
berwarna coklat.
g.Ukuran
Ukuran kue cubit kami sesuai dengan
cetakan.
2.
Harga
a. Daftar Harga
Harga produk yang kami jual adalah:
Rasa
-
Original :
Rp 8.000
-
Green Tea :
Rp 10.000
-
Bubble Gum : Rp 10.000
-
Taro :
Rp 10.000
-
Red Velvet :
Rp 10.000
-
Strawberry :
Rp 10.000
Topping (+2.000)
-
Messes
-
Keju
-
Oreo
-
Milo
-
Permen caca
Keterangan: isi dalam
kemasan 6 kue cubit dan varian rasa dan topping bisa dicampur dalam satu
bungkus.
b.Diskon (potongan harga)
Kami mencoba strategi
potongan harga yaitu dengan memberi diskon apabila ada yang membeli kue cubit kami
dalam jumlah 5 porsi dengan mendaptkan potongan harga sebesar 10.000 atau bisa
juga dengan menambahkan 1 porsi kue cubit.
3. Promosi
a.
Periklanan
Kami melakukan pemasaran produk kami dengan mengirimkan
broadcast berupa tulisan dan gambar dari produk kami melalui jaringan media
sosial.
b.
Publisitas
Kami melakukan
pemasaran produk kami dengan menggunakan brosur.
c.
Promosi Penjualan
Kami melakukan
pemasaran produk kami dengan mengirimkan broadcast berupa tulisan dan gambar
dari produk kami melalui jaringan media sosial seperti instagram, facebook, dan
twitter. Dan juga dilakukan dengan cara dari mulut ke mulut.
d.
Penjualan Langsung
Menjual secara langsung ditempat yang sudah direncakan yaitu disamping
kampus Universitas Gunadarma.
4. Tempat
a.
Saluran
Kami menerima pesanan
melalui pesanan COD (mengantarkan pesanan kepada konsumen).
b.
Pemasaran
Kami menjual produk
kami dengan cara mengirimkan broadcast berupa tulisan dan gambar ke sosial
media dan dengan omongan dari mulut ke mulut.
c.
Lokasi
Lokasi
penjualan produk kami adalah di samping kampus Universitas
Gunadarma
dan desain tempat penjualan
produk kami yaitu menggunakan meja yang dilengkapi dengan etalase dan terdapat
spanduk menarik didepannya.
d.
Persediaan
Kami menyediakan
sekitar 5 liter adonan adonan atau sekitar 20 porsi/hari.
e.
Transportasi
Kami menggunakan alat transportasi motor untuk COD (mengantarkan pesanan
kepada konsumen).
Produk
lama Produk
Baru
menarik Kak, pembahasannya cukup lengkap. terimakasih informasinya...
BalasHapusAplikasi Kasir Warung